Arduino Uno
Arduino adalah kit elektronik atau papan rangkaian elektronik open source yang di dalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler dengan jenis AVR dari perusahaan Atmel.Arduino yang digunakan dalam praktikum ini adalah Arduino Uno yang menggunakan chip AVR ATmega 328P.
- Keypad
Keypad merupakan komponen elektronik yang digunakan sebagai masukan, disususun dari beberapa tombol/switch dengan teknik matrix. Berdasarkan penjelasan tersebut, bahwa sebenarnya keypad merupakan tombol-tombol yang dirangkai menjadi sebuah paket dengan teknik menghubungkan satu tombol dengan tombol yang lain dengan teknik matrix. Teknik matrix adalah bisa dikatakan array, memiiki kolom dan baris lebih dari satu. 3x4 Keypad Module merupakan suatu modul keypad berukuran 3 kolom x 4 baris. Modul ini dapat difungsikan sebagai input dalam aplikasi seperti pengaman digital, absensi, pengendali kecepatan motor, robotik, dan sebagainya.
- LCD Character
LCD (Liquid Crystal Display) adalah suatu jenis media tampil yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan diberbagai bidang misalnya alal–alat elektronik seperti televisi, kalkulator, atau pun layar komputer. Pada postingan aplikasi LCD yang dugunakan ialah LCD dot matrik dengan jumlah karakter 2 x 16. LCD sangat berfungsi sebagai penampil yang nantinya akan digunakan untuk menampilkan status kerja alat.
#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi library LCD
#include <Keypad.h> //Deklarasi library keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 3; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3'},
{'4','5','6'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'7','8','9'},
{'*','0','#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
// Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(0,0);
}
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD
}
}
PERCOBAAN 3
1. Pin
data yang digunakan D4-D7, kenapa tidak digunakan pin data dari D0-D7
Jawab:
Pin D0 sampai D7
merupakan pin I/O sebuah LCD. Terdapat 2 jalur data yang dapat digunakan, 4 bit
atau 8 bit Kita mengunakan
pin D4 – D7 LCD dikarenakan kita mengunakan mode 4 bit saja sehingga kita tidak
membutuhkan banyak pin untuk dihubungkan ke pin analog dari Arduino.
2. Jika
menggunakan keypad 4x4, apakah terjadi perbedaan pada program? Dimana
perbedaannyaa?
Jawab:
Jika menggunakan keypad 4x4, maka listing program yang
digunakan harus diubah, yaitu pada baris ke 5, COLS = 3 diubah menjadi COLS =
4, yang artinya kita mengubah deklarasi 3 colom menjadi 4 colom.
Juga pada bagian array harus kita sesuaikan manjadi
4x4 seperti dibawah ini :
{'1', '2', '3', ’*’},
{'4', '5', '6', ’*’},
{'7', '8', '9', ’*’},
{'*', '0', '#', ’*’}
Pada bagian byte
colPins[COLS] = {13, 12, 11}. Ditambahkan satu pin lagi yang menghubungkan
Arduino dan keypad sesuai dengak deklarasi pin yang diinputkan pada listing
programnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar